Cara Agar artikel Terindeks Google secara cepat, Manfaatkan "Fetch as Google" di Search Console

22.02

Cara Artikel di Index Google dengan Cepat
Cara Artikel di Index Google dengan Cepat

Untuk blog yang baru memang Google kadang tidak memprioritaskan alat mesin perayap mereka untuk stand by di blog tersebut.

Atau Blog yang jarang sekali update, atau update artikel yang tidak konsisten seperti hal yang biasa saya lakukan, hehe..

10 artikel dalam satu hari, kemudian seminggu absen update artikel tidak lebih baik daripada rajin update 1 artikel setiap hari.. yang dikatakan konsisten adalah kasus 1 artikel 1 hari, biarpun dikit sih!

Nah kalau kasusnya seperti yang saya tulis diatas, maka peluang untuk tidak diindex secara cepat oleh Google semakin besar, apalagi kalau web masih belum berumur dan punya Domain Authority yang masih rendah.

Tapi kasus ini bisa atasi dengan memanfaatkan alat perender yang disediakan oleh Google Webmaster, eh sekarang namanya Google Search Console.

Ya, dengan cara Fatching as Google kita dapat mengirimkan url artikel kita untuk di Index oleh Google dan kecepatan indexnya dalam hitungan detik.. Wuss!

Cara Mengirim Artikel ke Google, Fetch as Google supaya di Index lebih cepat

Langkah singkatnya, kamu cukup kunjungi Search Console dan login dengan akun Google, pilih situs dan cari di menu Perayapan (Clawler) > Ambil sebagai Google (Fetch as Google).. untuk langkah lengkapnya adah berikut..

1. Kunjungi https://www.google.com/webmasters/tools/googlebot-fetch?pli=1 atau bisa menemukan melalui Perayapan > Fetch as Google.

2. Pilih Properti, situs kamu yang akan kamu minta index artikelnya.
Index Google secepat kilat
Langkah 2. Pilih Properti

3. Copy dan Paste alamat artikel yang ingin di index tanpa nama domain, jadi contohnya /alamat-postingan-kamu , pilih robot perayapan "Desktop" atau "Mobile" lalu klik "Ambil" atau bisa memilih "Ambil dan Render" kalau mau sekalian di render, tapi untuk lebih cepat pilih "Ambil"saja.
Fetch as Google
Fetch as Google


4. Klik Minta Pengindeksan. Untuk contoh ini saya memilih robot perayapan destop, selanjutnya bisa mengirim lagi dengan mengulangi langkah 3 dan merubah alat robot perayapan menjadi "Mobile" supaya versi handphone bisa terindeks di Google.

Langkah 4. Klik Minta Pengindeksan

5. Berhasil, silahkan cek di Google artikel anda sudah di index belum, caranya dengan mempaste url di box pencarian.
Situs berhasil di Index
Setelah di Fetch, sudah di Index di Desktop

Solosi tidak terindex Google
Sebelum di Index.

Bagaimana mudah kan? Lakukan hal tersebut setiap kamu menerbitkan artikel, tapi kalau kamu mau menunggu di index manual oleh mesin pencari itu lebih baik.. kamu bisa menggunakan metode ini untuk artikel yang sifatnya urgent atau membutuhkan kecepatan untuk segera di Index.

Semoga bermanfaat, jangan lupa meninggalkan jejak di kolom komentar dan share artikel ini ke teman kamu. (Hendri)

Mungkin kamu juga suka yang ini

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images