7 Plugin Wordpress yang Wajib saya Gunakan

15.32

7 Plugin Wordpress yang Wajib saya Gunakan
7 Plugin Wordpress Utama

Dengan CMS sekece Wordpress, untuk membuat program kita tidak perlu coding, banyak pilihan plugin yang bisa dipakai di Wordpress kita.

Disini saya akan membahas plugin wajib, ya arti Wajib disini adalah seperti Sholat yang harus dilaksanakan sebagai seorang muslim, tapi sedikit bedanya kalau Wajib urusan plugin, kalau enggak dipakai enggak mendapat dosa.. paling cuma rugi doank.. hehe.

Plugin Wajib disini sudah pasti saya aplikasikan untuk Blog WordPress saya dan memang fungsinya luar biasa bagus serta terseleksi dari masing-masing jenis plugin.

Sebenarnya saya enggak test semuanya satu per-satu untuk menyeleksi mana yang terbaik, hanya saja lihat ulasan para suhu Blogger pendahulu dan juga hasil review pengguna di Wordpress sendiri.. itu yang banyak penggunanya, review positif, ya itu yang saya dianggap bagus.. tapi hampir seluruh kasus yang saya teliti memang betul kok, yang memiliki beberapa kriteria "indikasi" diatas biasanya memang benar-benar bagus.. ada satu dua plugin yang saya coba soalnya.

7 Plugin Wajib untuk menemani berkarya

Berikut adalah plugin wajib yang saya pakai untuk Blogging di Wordpress.

1. Plugin SEO
Plugin SEO
Plugin SEO

Utility untuk Optimize Search Engine jelas mutlak dibutuhkan, saya menggunakanya untuk mengisi meta tag dan ketahui kaedah-kaedah SEO apakah sudah saya terapkan dengan benar di postingan atau belum, nah disini saya memakai plugin Yoast SEO.

Yoast SEO jadi pilihan karena banyak fiturnya, mudah dipahami indikatornya dan pengembangnya selalu aktif dalam melakukan pembaruan demi pembaruan, jadi up to date dengan algoritma Google selain itu lebih Advance karena banyak penyempurnaan dari waktu ke waktu.

2. Plugin untuk memantau Trafik
Plugin pemantau Trafik
Plugin pemantau Trafik

Plugin pemantau Trafik Visitor biasa saya gunakan untuk mencari tahu apakah postingan blog saya berhasil naik atau kurang, tracking "search term" apakah naik atau kurang dan pastinya perbandingan antara pendapatan dengan trafik, kalau trafik hits tapi pendapatan zonk berarti saya harus lebih optimalkan iklan, simpelnya begitu.

Gak mau ribet, urusan trafik di Wordpress saya serahkan ke Jetpack karena kita dapat "All in One Package".. apa saja? yuk buat list aja

  1. CDN Image
  2. Untuk Otomatis berkoneksi dengan Wordpress.com, artinya bisa berhubungan dengan seluruh blogger lain yang pakai Wordpress.
  3. Sharing Otomatis ke Sosial Network
  4. Email berlangganan (Mailing List)

Saya gak pakai pihak ketiga seperti Hitstats, karena biasanya pakai hitstats hanya ingin cari tahu berapa user yang sedang online, unruk urusan ini saya memilih ke Google Analytics beserta device yang digunakanisana lebih lengkap!

3. Anti-spam Comment
Plugin Anti-Spam Komentar
Plugin Anti-Spam Komentar

Menyebalkan saat mendapati komentar yang tidak relevan dengan konten, itu hanya seperti sampah menurut saya yang wajib dibasmi. Nitip link sih boleh tapi mbok ya dikit aja komentari dulu isi kontenya.. paling sebel lagi kalau yang bekerja adalah robot, not real human.. wis kudu dibasmi wis.

Untuk urusan anti komentar spam saya percaya lagi kepada plugin resmi Automatic, Akismet.. banyak sekali komentar yang berhasil terjaring dan tidak ada satupun yang lolos, Good job!

4. Plugin AMP (Accelerated Mobile Pages)
Plugin AMP
Plugin AMP

Selain konten yang bermanfaat plus relevan, Google suka kecepatan dan navigasi situs yang baik. Sejak tahun lalu mereka memperkenalkan AMP, saya langsung buru-buru untuk mengaplikasikan ke dalam blog.

Awalnya saya hanya menginstal AMP plugin resmi milik Automatic hanya karena tampilanya kurang menarik dan tidak ada panel untuk mengatur iklan, akhirnya ada sebuah plugin super keren dari Ahmed Kaludi, beliau adalah orang India (kalau gak salah) perancang tema blog news yang membuat plugin bernama AMP for WP, akhirnya saya pakai itu sampai sekarang.. fiturnya super lengkap, sudah kayak panel theme tampilan situs biasa, apa apa ada.. ada apa-apa!

5. Plugin Redirection
Plugin Redirection
Plugin Redirection

Redirection atau Pengalihan adalah plugin yang sangat saya butuhkan, karena malas edit-edit htaccess dan pastinya kalau banyak pengalihan akan jadi banyak banget kode yang bikin males, maka plugin menjadi solusinya.

Pengalihan saya gunakan untuk meredirect laman yang sudah tidak relevan (berganti zaman), contohnya ketika posting permalink yang ada tahunya.. posting tahun lalu 2017, karena sekarang 2018 maka tentunya itu sudah kadaluarsa, maka saya buat pengalihan 301 "Moved Permanent" untuk hal ini jadi tahun sekarang.

Kalau ini saya tidak punya pilihan spesifik harus plugin ini, sembarang saja.. soalnya rata-rata sama. ada satu plugin "Smart Redirection" yang sangat berguna untuk mengalihkan laman dari user yang salah ketik alamat, contohnya kurang huruf "o" di akhir alamat maka akan langsung terdirect dengan ditambahkan "o" secara otomatis, begitulah plugin tersebut bekerja.. oh iya plugin ini juga berguna sekali untuk blog yang habis migrasi dari Blogger ke Wordpress.

6. Plugin Caching
Plugin Catching
Plugin Catching

Kalau kamu punya visitor loyal maka Plugin Caching sangat berguna sekali untuk performa situs, hosting dan pengunjungmu akan mengakses blog untuk kedua kali dan seterusnya dengan sangat cepat karena sistem kerja Caching adalah menyimpan file statis di browser visitor dan mereka tidak perlu memuat beberapa script lagi.

Untuk hosting, ini akan menghemat bandwidth.. bandwidth kamu unlimited? berarti berguna untuk performa situs, kalau diakses cepat maka visitor juga memiliki peluang melihat iklan lebih cepat dan pengalaman pengguna yang baik, sedangkan untuk pengunjung mereka akan sedikit lebih menghemat kuota paket internet.

Plugin caching yang saya pakai adalah milik Automatic sendiri yakni WP Super Cache, tapi sebenarnya W3 Total Cache juga tak kalah dan plugin premium seperti WP Rocket juga bisa kamu coba.

7. Plugin Ads-Insertion
Plugin Pemasangan Iklan
Plugin Pemasangan Iklan

Plugin penyisip iklan juga tak kalah penting, jika di bwaan tema sudah kita bisa sering temukan tapi setelan kurang detail, kurang rinci. Contohnya, platform mana, browser mana, negara mana, posisi mana.. dengan tidak bisa seperti itu jadi iklan kurang tertarget, nah dengan Ads Insertion kita bisa menyetel semuanya sesuai kehendak hati.

Saya pakai Ad Inserter dari Igor Funa disini, setelanya super lengkap dan user-interface sangat menyenangkan sekali.

Hanya itu saja 7 Plugin Wajib saya, kalau plugin-plugin lain itu sunah aja..

Mungkin kamu juga suka yang ini

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images