Harus Memulai Blog dari mana?

21.34

Yup, beberapa waktu muncul pertanyaan Harus Memulai Blog dari mana?

Pertanyaan tersebut timbul kepada temannya teman saya yang bertanya soal Blog dan Google AdSense, sebenarnya saya merasa belum cukup pemahaman dan masih merasa perlu banyak belajar, tetapi ya saya berusaha menjawab sebisanya.. siapa tau bermanfaat

Jadi gini, dia punya blog yang berasal dari Blog yang dia bangan dari WordPress (WP), WP-nya masih Hosted alias masih di hosting sama WordPress , sementara doi ingin menjadi publisher Google AdSense untuk memonetisasi Blognya.. untuk WP Hosted jelas tidak diperbolehkan untuk memasang iklan lain selain Word-Ads (layanan iklan dari Wordpress), istilahnya melanggar Term of Service WP kalau itu dilakukan.. Lah terus bagaimana caranya?

Saya menjawabnya dengan (1) upgrade, hosting tetap ditanggung WP namun statusnya sudah nyewa hosting bukan hosted lagi atau (2) pindah ke WordPress non-hosted alias nyewa hosting sendiri, kedua opsi tersebut bisa dilakukan apabila ingin tetap ngeblog besama WordPress.  Saya menawakan opsi lain untuk di export dan pindah ke Blogger, dengan catatan blog akan memulai dari nol atau ya setidaknya pakai redirect 301 untuk tetap bersahabat dengan search engine..

Blogger vs WordPress
Blogger vs WordPress

Pilih mana WordPress atau Blogger? saya sendiri lebih memilih WordPress untuk saat ini, kalau dulu saya lebih memilih Blogger. kenapa? karena Blogger gratis.. dulu masih sekolah belum kerja dan belum punya uang untuk menyewa hosting sendiri, jadi Blogger is the best.. saat ini? Blogger masih is the best hanya saja fiturnya kalah jika dibanding WordPress, beberapa alasan saya memilih WP
  • Bahasa Pemrograman, untuk yang punya kemampuan Coding maka pakai Blogger akan sangat menyiksa dan seperti mematikan kemampuan coding, alasanya karena bahasa pemrograman yang didukung Blogger hanyalah HTML/Javasctipt sementara untuk Wordpress bisa semuanya, terutama PHP.
  • Futuristik. Lebih banyak fitur yang sifatnya costumizeble, seperti permalink (alamat blog), di Blogger kita harus memilih format domain.com/yyy/mm/atikel.html sementara di WP kita bisa memilih format sesuka hati, fitur lain adalah plugin (alternatif untuk yang tidak bisa coding seperti saya).
  • WordPress merdeka! merdeka karena tidak tergantung sama Blogger, karena kita memiliki hosting sendiri. Jika seumpama layanan Blogger akan dihentikan Google maka itu negatifnya, tapi selama era Google masih jaya, saya rasa Blogger akan tetap ada. 
Tapi dibalik itu semua, Blogger itu Gratis.. ada pengunjung berapapun, beban bandwidth berapapun, Google yang nanggung dan di jamin tidak akan jebol! jadi kedunaya punya value masing-masing.. tinggal pilih mana. Jangan bingung.. sesuaikan kebutuhan!

Jadi problem selanjutnya dalam pindah Blog adalah pengunjung.

Padahal visitornya sudah lumayan? Lah itu resikonya, seperti pindah rumah, sudah terlalu banyak orang yang mengenal kita di tempat tertentu namun sayang kita harus pindah rumah. Kemana orang-orang yang sudah kenal kita tadi akan menemukan kita di rumah yang baru? ya solusinya adalah memberi kabar kepada mereka semuanya bahwa kita pindah rumah ke tempat baru.. kalau cerita semacam ini diterapkan di blog, ya dengan redirect 301 tadi untuk memberitahu Google.

Nah, sekarang jika kita mantep mau pindahan itu solusinya. sekarang adalah plan B. Bagaimana kalau kita ingin membuat Blog baru saja, Harus memulai Blog dari mana supaya bisa bagus dan bisa diterima Google AdSense?.

Kunci utama diterima Google AdSnese,
1. Tidak melanggar TOS Google AdSense.
2. Layak

Konten yang kita buat hendaklah Original, Legal dan family-safe. Itu saja sebenarnya, meskipun singkat tapi kalau dijabarkan panjang. Oh iya.. Google biasanya lebih suka yang unik, unik dalam artian yang bukan pasaran atau kita punya konten baru, first mover!
  • Original, seperti yang kita tahu. ex:  bukan hasil generate robot, konten milik orang lain dsb.
  • Legal, tidak melanggar hukum. ex: bukan crack, phissing, hacking dsb.
  • Family-safe. AdSense merupakan jasa periklanan yang mencakup semua kalangan dan usia jadi intinya harus aman dilihat siapa saja. ex: bukan pornografi.
Google AdSense
Google AdSense

Layak disini adalah standar Google, saya sendiri masih belum tahu detailnya seperti apa. yang jelas yang layak disini menurut beberapa pakar Google adalah Konten, yup konten adalah nomor satu.. tampilan situs yang jelas dan user friendly, yang memiliki user-experience yang baik.. Visitor? menurutku untuk Google itu nomor sekian, yang jelas content is number one..
  • Konten: Nomor satu, kita jangan pikirkan yang lain, fokus konten yang bermutu. intinya berkualitas
  • User-friendly: Mudah di operasikan, navigasi situs jelas, intinya tidak membingungkan.
  • User-experience: Intinya pengalaman pengguna mengakses situs kita yang dia pikir itu baik, ibarat kita bertamu kita dijamu dan diistimewakan dengan layak.

Langkah pertama memulai Blog versi saya


1. Tentukan niche
Niche adalah kategori penyajian kita dalam blog. kita mau bahas apa.. kalau bisa se-spesifik mungkin itu lebih baik. Kita buat niche kalau bisa yang unik yang tidak pasaran dan sesuai dengan passion, keinginan dan kemampuan kita. contoh, seumpama saya adalah orang yang suka Otomotif maka saya akan membuat blog Otomotif, tapi kan elemen Oto ada banyak (ada subcategory), ada mobil, motor, balap dll. kita buat yang spesifik, se-spesifik mungkin itu lebih baik.. supaya spesifik saya memilih niche Motor. maka itu adalah niche yang akan saya pakai.

2. Tentukan brand
Supaya dikenal, kita harus punya brand donk. Kita bisa pakai nama kita. ex: hendrimotolovers, hendrimotor, hendrimotoblog dll. Tujuan punya brand adalah untuk orang supaya lebih memahami kita dan untuk memilih nama domain (ex: hendrimotor.bike, hendrimotolovers.com dll).

3. Take action
Sekarang mari memulai untuk Blogging. Posting artikel yang rutin, buat konten berkualitas, riset apa yang disukai dan sering dicari pengunjung. Jika kita merasa layak dengan Blog kita, lanjut kita bisa Daftar ke Google AdSense. Langkah-langkah yang dimansudkan take action
  1. Beli domain sesuai brand kita.
  2. Setup ke Hosting/CMS.
  3. Pikirkan template/theme: tampilan, navigasi, menu-menu.
  4. Daftarkan ke Mesin pencari untuk di index (Google, Yahoo, Bing, Yandex dll)
  5. Posting.. posting dan posting
  6. Promosi, kita bisa optimalkan mesin pencari (SEO), bisa pakai jejaring sosial.
  7. Monetisasi dan terus berkarya.
Yup.. mungkin itu saja ya, enggak sadar sudah banyak karakter yang ditulis. Sekali lagi sebenarnya saya masih perlu banyak belajar lagi untuk hal ini, tetapi ya.. ini adalah versi saya dengan ilmu seadaanya, jika dirasa baik dan selaras silahkan diterapkan. Semoga bermanfaat dan Happy Blogging!

Mungkin kamu juga suka yang ini

1 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images