Membuat Logo ada 3 Unsur: Identitas, Estetika dan Filosofi

21.19

Opini.. Kita tau Logo itu apa, yang pasti logo merupakan simbol dari sebuah brand, hamir semua brand entah apapun itu memiliki sebuah logo. Design Logo menurutku harus memiliki 3 unsur didalamnya agar karyanya sempurna. Hal itu meliputi Identitas, Estetika dan Filosofi.

Yang pertama, Logo harus mencerminkan identitas.. artinya orang yang melihat logo tersebut bisa mengira-ira logo tersebut milik brand apa, penjelasan untuk mencerminkan identitas biasanya logo ada text-nya.

Kedua, Logo itu pasti harus enak dipandang, bernilai Estetika yang tinggi... tak hanya mencerminkan identitas, namun orang yang melihat logo setidaknya takjub dengan keindahan yang dicerminkan dari identitas tersebut.

Ketiga adalah filosofi, setiap designer yang membuat logo pasti memiliki tujuan tertentu dalam nemempatkan ikon, coretan atau teks didalamnya, pasti memiliki arti.. seperti penggunaan huruf normal (tidak ada yang di uppercase atau kapital) yang menandakan bahwa menjunjung tinggi persamaan, tidak ada yang menonjol karena kita hidup bersama. folosofi harusa ada dalam setiap logo.

Itu teori opini ala Hendri.. Masuk di bawah, berhenti serius... mari bercanda 

Intinya aku cuma mau memperkenalkan logo untuk brand namaku sendiri, tujuanya sebenarnya hanya untuk tampil di blog ini. Ya beginilah...

Logo Hendri Widananto
Logo Hendri Widananto

Nah kalau dari teori tadi, coba..

Jelaskan mas, ini unsur Identitasnya dimana? hmm.. Identitas yang paling jelas adalah tulisan Hendri Widananto dibawah Logo, di logonya sendiri setidaknya hanya berupa singkatan yakni "h d w" diambil nama awal dan tengah dari namaku.

Nah, kalau nilai Estetikanya dari mana? enggak ada.. hehe. ya untuk estetika/keindahan menurutku relatif setiap pandangan orang dan juga standar orang kan beda..beda, tapi menurutku ini gak jelek-jelek amat lah.

Terus filosofinya? filosofinya dibuat list aja ya
  • tulisan tidak ada yang kapital (non-uppercase): kesetaraan, menilai semua orang sama, tidak melihat pangkat dsb.
  • gaya logo perpaduan curved dan sharp: penuh tikungan yang artinya dinamis, bisa menyesuaikan, peka, responsif dan tajam/lancip artinya memiliki pendirian, berani dan tegas.
  • warna biru: biru merupakan warna dasar (primer) yang artinya pencipta warna-warna lainya. selain itu, biru itu warna favoritku, hehe..
ya setidaknya itulah filosofinya, yang pasti filosofi menurutku sebagai penggambaran atau do'a, meskipun kembali ke kodrat manusia kalau manusia itu tidak ada yang sempurna.

Mungkin kamu juga suka yang ini

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images